BERITALatest

KEGIATAN SUNATAN ( KHITANAN) MASSAL OLEH PEMUDA NAKES DESA UBUNG

Ubung, 26 Januari 2024 – Pemuda tenaga kesehatan (NAKES) Desa Ubung, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru, menggelar khitanan massal pada hari Jumat (26/1/2024). Kegiatan ini diprakarasarai dan diselenggarakan oleh 27 pemuda-pemudi tenaga kesehatan (NAKES) di desa ubung yang diikuti oleh 15 anak laki-laki berusia 6-12 tahun.

Khitanan massal ini dilaksanakan di Balai Desa Ubung dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Buru. Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Buru, Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid SH, MH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Yulianis Rahim, M.Kes, serta jajaran Pimpinan Badan dan Dinas di Kabupaten Buru.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Yulianis Rahim M.Kes, mengapresiasi kegiatan khitanan massal ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh pemuda di desa-desa lain, bukan hanya kegiatan sunatan masal, tetapi juga bentuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa NAKES bukan hanya berperan dalam pelayanan kesehatan, tetapi juga berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan.
Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, juga memberikan apresiasi kepada pemuda NAKES Desa Ubung. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini menunjukkan peran penting NAKES dalam masyarakat.
“Kegiatan ini menunjukkan bahwa NAKES bukan hanya berperan dalam pelayanan kesehatan, tetapi juga berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat,” kata Pj. Bupati.
Selain itu, bapak penjabat Bupati juga menekankan pentingnya koordinasi antara NAKES dengan kepala desa, BPD, tokoh-tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh agama. Koordinasi yang baik akan mampu menggerakkan sistem sosial dan budaya di masyarakat.
“Komunikasi seperti ini yang kemudian akan mampu menggerakkan sistem sosial dan budaya. Kita butuh itu, dan ketika seluruh masyarakat bergerak, pasti akan terjadi pengurangan kemiskinan, stunting akan turun, dan tentunya peningkatan kesejahteraan akan terwujud,” kata beliau.

Kegiatan khitanan massal ini berjalan lancar dan sukses. Para orang tua peserta khitanan dan masyarakat desa ubung tampak senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh para pemuda NAKES Desa Ubung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *