AGENDA PEMDA BURUBERITALatestNews

PERESMIAN PASAR IKAN BERSIH DI DESA JIKUMERASA KECAMATAN LILIALY

Lilialy, Minggu, 17 Desember 2023, Dinas Perikanan Kabupaten Buru mengundang bupati Buru dakam rangka peresmian Pasar ikan bersih yang di laksanakan pada pasar ikan bersih desa jiku merasa kecamatan lilialy. Pasar ikan yang merupakan bantuan kementerian kelautan dan perikanan ini diserahkan oleh direktur jendral peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan pada tahun 2017. Setelah sekian lama tidak difungsikan kadis kelautan dan perikanan kabupaten buru memfungsikan kembali bantuan pemerintah pusat ini.

Penjabat Bupati Buru bapak DR. Dajalaludin Salampessy, S.Pi, M.Si dalam rangka pembukaan dan peresmian pasar ini sangat berharap agar kiranya bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal, masyarakat diminta untuk dapat berperan aktif, begitu juga para forkopimcam agar dapat memperhatikan juga kebersihan disekitar pasar ini dengan tidak membuang sampak plastik sembarangan. Dalam giat yang juga binaan Badan Pertanahan Nasional melalui Gugus Tugas Performa Agraria Kabupaten Buru ini PJ Bupati Buru didampingi Kapolres, Dandim, Sekretaris Daerah dan juga para pimpinan OPD.

Masih dalam sambutannya bupati buru menyampaikan agar pasar ni tidak hanya menyediakan produk perikanan tetapi ditunjang dengan produk lain guna memberdayakan masyarakat sekitar.

Masih dengan rombongan yang sama bupati buru melanjutkan giat di pantai baikole, pantai yang membawa desa Jikumerasa mendapat juara 1 lomba desa wisata ini guna melaksanakan giat bersih pantai.

sebagaimana 5 kebijakan prioritas kementrian kelautan dan perikanan

-Perluasan wilayah konservasi laut

-Penangkapan ikan terukur berbasis kuota

-Pembangunan Budidaya laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan

-Pdengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau pulau kecil

-Pembersihan sampah plastik dilaut melalui gerakan partisipasi nelayan


Bapak bupati juga berkesempatan menyerakan sertifikat kelompok nelayan di desa Jikumerasa.

Dalam sambutanya bupati buru sangat mengapresiasi capaian kabupaten buru dimana jikumerasa menjadi juara satu desa wisata sedangkan desa hatawano menjadi juara 2 desa wisata dengan air terjunnya bahkan desa Sanleko dengan wisata mangrovenya berhasil menjadi juara satu tingkat nasional pada ajang API award yang merupakan lomba tingkat nasional. Pj bupati sangat berharap kesuksesan ini dapat terus ditingkat kan.

Dalam kesempatan ini dinas perikanan kabuapten buru dan BPN kabupaten buru menyempatkan diri untuk menyaksikan kelompok lumba lumba yang sedang bermain di perairan tepian laut desa jikumerasa sebagaimana dalam sambutan bupati sebelumnya yang sempat menyinggung agar kunjungan seperti ini dibuat lebih tertata seperti setiap pengunjung di anjurkan agar dapat memberi makan ikan lumba lumba dengan ikan ikan kecil dan juga menepuk air sebanyak 3, 5 atau 7 kali untuk membiasakan memanggil lumba lumba. Masih pesan beliau agar kita lebih perhatian mengingat lumba lumba adalah hewan laut yang memilki insting tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *