AGENDA PEMDA BURUBERITALatest

UPACARA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-78 TENTARA NASIONAL INDONESIA KABUPATEN BURU

Kamis, 5 Oktober 2023, Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 yang digelar di Lapangan upacara Kodim 1506/Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, berlangsung khidmat, Kamis (5/10/2023).

Upacara yang dipimpin oleh Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, S.Ip, M.Han., ini dihadiri oleh para pejabat Forkopimda Kabupaten Buru, Sekda Buru, Ketua DPRD Buru, perwakilan TNI/Polri,para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Para Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Dandim  menyampaikan bahwa TNI harus selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus di jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh.

Peringatan Hari Ulang tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna , bahwa kekuatan TNI sebagai Komponen utama pertahanan negara , berkomitmen untuk bersinergi  dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat , mandiri, maju dan sejahtera.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Dandim menekankan beberapa hal untuk dipedomani antara lain :

1. Tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas

2. Pegang Teguh amanat sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

3. Laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

4. jalin komunikasi , kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kemntrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas kemananan nasional yang aman , damai dan sejuk.

5. Jaga nama baik TNI dimanapun berada , selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Upacara peringatan HUT TNI ke-78 di Kabupaten Buru berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *