Skip to content
Kabupaten Buru > News > AGENDA PEMDA BURU > PENGUMUMAN > GANGGUAN LAYANAN TELEKOMUNIKASI DI KABUPATEN BURU, TELKOM AMBON KOORDINASIKAN PERBAIKAN KABEL LAUT

GANGGUAN LAYANAN TELEKOMUNIKASI DI KABUPATEN BURU, TELKOM AMBON KOORDINASIKAN PERBAIKAN KABEL LAUT

  • by

Namlea, 10 Maret 2025– Telkom Daerah Ambon melakukan koordinasi Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Buru terkait gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi di Kabupaten Buru. Gangguan ini disebabkan oleh terputusnya Kabel Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL) SMPCS pada ruas Namlea (2/3), tepatnya pada titik 27,7 km dari Namlea.

Berdasarkan penjelasan Head of Telkom Daerah Ambon, Ajid Lukman, pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat akibat gangguan ini. Kabel laut SMPCS yang terputus berada pada kedalaman 2.200 meter di dasar laut, dengan panjang kabel yang bermasalah mencapai 1.700 meter. Penyebab pasti dari kerusakan kabel tersebut hingga saat ini belum diketahui, namun diduga kuat akibat faktor alam.

Sejak 8 Maret 2025, Telkom telah memulai proses perbaikan dengan mengerahkan kapal perbaikan khusus, CS PNX, yang bertugas menuju lokasi gangguan. Proses perbaikan ini telah memasuki tahap persiapan, yang mencakup pengangkutan kabel cadangan dan perlengkapan perbaikan di pelabuhan Makassar, serta koordinasi dengan otoritas terkait dan pengurusan perizinan yang diperlukan. Estimasi waktu penyelesaian perbaikan ini diperkirakan hingga 30 Maret 2025, setelah seluruh prosedur persiapan dan perbaikan selesai dilakukan.

Untuk menjamin kualitas layanan kepada masyarakat, Telkom telah meningkatkan kapasitas backup link dengan Radio IP sebesar 2,4 Gbps, dan berencana untuk terus meningkatkan kapasitasnya agar masyarakat dapat tetap menikmati layanan telekomunikasi meskipun dalam kondisi terbatas.

Gangguan jaringan ini juga berdampak pada layanan Telkomsel dan Indihome. Menyikapi hal tersebut, Telkom mengeluarkan kebijakan Pro Rata terkait pembayaran tagihan Indihome. Kebijakan ini memungkinkan pelanggan untuk membayar tagihan sesuai dengan pemakaiannya, bukan satu bulan penuh.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buru  akan terus melakukan koordinasi dengan Telkom Daerah Ambon dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kelancaran proses perbaikan serta memantau perkembangan terkini dan untuk terus memberikan informasi terbaru kepada masyarakat, agar warga dapat tetap mendapatkan pembaruan terkait status layanan telekomunikasi di Kabupaten Buru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *