BERITALatest

RANGKAIAN KUNJUNGAN GUBERNUR MALUKU DI KABUPATEN BURU – HARI KE-2

Minggu, 7 Mei 2023, pukul 09.00 pagi  Rombongan Ibu Gubernur menuju desa Lamahang, kecamatan Waplau dalam rangka kegiatan Peresmian Rumah Literasi Kabupaten Buru. Diresmikan oleh Ibu Widya Pratiwi Murad Ismail didampingi oleh Bapak Penjabat Bupati dan Ibu, Sekda Provinsi Maluku dan Sekda kabupaten Buru.

Setelah itu kembali ke Namlea dan Rombongan Gubernur dan Penjabat Bupati menuju Desa Air Buaya untuk kegiatan Pencanangan Percepatan Penurunan  Kemiskinan Ekstrim, Pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia , Dan pelayanan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Buru  Tahun 2023.

Pada kesempatan itu Bapak Gubernur bersama Ibu Widya Pratiwi Murad selaku Duta Perangi Stunting, dan Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy, mencanangkan Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting serta Pekan Imunisasi Dunia di Kabupaten Buru, yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Turut hadir juga pada kesempatan itu, Sekda Provinsi Maluku, Sekda Buru, Forkopimda Kabupaten Buru, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku dan Kabupaten Buru, Rektor Universitas Iqra Buru, Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Kader Posyandu dan PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda.

“Untuk pencegahan stunting harus dimulai dari usia remaja putri, dimana sudah harus menjaga kesehatan diri dan mengonsumsi tablet tambah darah, kemudian setelah dinyatakan hamil perlu dijaga di masa kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin ke posyandu, setelah itu saat anak lahir wajib diberikan asi ekslusif 6 untuk menjaga ketahanan tubuh anak dan rajin ke posyandu, serta hingga usia 2 tahun anak harus dijaga kesehatannya dan diberikan imunisasi.” Terang Ibu Widya.

Selaku Duta Parenting, Ibu Widya mengatakan bahwa, ia sangat peduli dan memperhatikan kondisi anak-anak ataupun ibu yang ada di Maluku, yang terlihat dengan kunjungannya pada lokus stunting di 11 kabupaten kota.

Pada kesempatan itu juga turut diserahkan bantuan Paket Makanan Tambahan bagi Balita Stunting, Paket Bantuan untuk Balita Stunting, Dokumen Administrasi Kependudukan berupa Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, Paket Antropometri, 5 Paket anakan pala, Bantuan Langsung Tunai untuk 2 desa, bantuan Program Keluarga Harapan kepada Kecamatan Airbuaya sebanyak 695 orang, Peduli Maluku 100 paket sembako, Bantuan emergency 50 paket, dan bantuan 10.000 standing pouch produk ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Buru.

Kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi, bersama masyarakat desa Waemange dan sholat ashar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *