News

PEMANTAPAN SHELTER KABUPATEN BURU TAHUN ANGGARAN 2022

Lokasi : Hotel GrandSarah Namlea
Senin, 04 Juli 2022
 
Kegiatan Pemantapan Shelter Kabupaten Buru ini diikuti oleh Sebanyak 20 Orang Anggota TAGANA (Taruna Siaga Bencana) yang ada di kabupaten Buru dengan Tujuan mempersiapkan pengetahuan dan ketrampilan Anggota TAGANA dalam pemahamannya di dalam shelter atau Kemampuan bagi seorang anggota TAGANA dalam penanggulangan Bencana yang terjadi di daerah.
 
Bapak Penjabat Bupati Buru DR. Djalaluddin Salampessy, S.Pi, M.Si dalam sambutannya menegaskan bahwa “Kegiatan pemantapan Shelter ini bertujuan untuk memantapkan anggota TAGANA sebagai petugas Shelter Penanggulangan Bencana Alama dengan meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan bencana alam maupun bencana Social pada umumnya.”
 
Dikarenakan TAGANA harus terlibat dalam penanganan pengungsi melalui Shelter , maka TAGANA harus dipersiapkan sebaik mungkin dan dikelola dengan memperhatikan esensi dasar kemanusiaan serta Kearifan local yang ada, Karena TAGANA harus melakukan penyelamatan sekaligus memberikan Pelayanan rasa aman selama di Pengungsian bagi korban bencana untuk itu diperlukan petugas shelter yang handal, terampil dan tangguh.
 
Taruna Siaga bencana merupakan Ujung Tombak Pemerintah dalam penanganan Korban Bencana , TAGANA sebagai relawan di pengungsian ( shelter ) harus tangguh dan memiliki kesiapan, kecepatan dan ketepatan Bereaksi terhadap pemenuhan kebutuhan korban bencana, melaksankan penyediaan dan penyaluran bantuan bagi korban tepat pada waktunya. Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan dan Anggota DPRD kabupaten Buru, Bapak Narasumber Badan Diklat kemensos RI dan Daerah , Sekertaris daerah Kabupaten Buru, Para Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD Kab. buru, Camat dan Muspika Kecamatan Namlea.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *