Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com

Perindustrian

Secara umum, perkembangan sektor industri dan perdagangan di Kabupaten Buru belum menunjukan kontribusi berarti dalam pembentukan PDRB dan laju pertumbuhan ekonomi. Artinya, perkembangan dan pertumbuhannya masih perlu penanganan intensif, termasuk penerbitan dan penertiban aturan regulasi terkait. Identifikasi perkembangan dan pertumbuhan sektor industri masih bertumpu pada sistem pengolahan hasil pertanian dalam skala kecil, sektor perdagangan yang masih bertumpu pada sistem perdagangan antar pulau, serta hotel dan restauran yang relatif masih minim. Selanjutnya dapat diuraikan berdasarkan tabel berikut:

'
Minyak Kayu Putih                                              Kacang Botol



Batu Bata                                                              Gula

PENGELOLAAN MINYAK KAYU PUTIH KABUPATEN BURU

Penyulingan Kayu Putih
Apa yang biasa diburu di pulau buru? Pulau yang identik sebagai tempat pembunagan tahanan politik pemerintahan Soeharto itu, menyisakan banyak hal yang biasa dieksplorasi. Kekhasan pulau buru adalah produksi minyak kayu putih tradisionalnya. Tentang minyak kayu putih ini, bisa menjadi sebuah tujuan wisata pedesaan yang sangat menarik.
Daun kayu putih disuling secara tradisional menjadi kayu putih banyak dikerjakan oleh warga Kabupaten Buru. Rata-rata setiap ketel (tungku) penyulingan, dikelola oleh dua atau tiga keluarga secara bergiliran dengan sisti bagi hasil. Tradisi pengolahan itu tetap dilakukan secara turun temurun dan minyak kayu putih menjadi komiditas andalan.
Tradisi yang sudah turun temurun selama ratusan tahun tersebut, ternyata tidak hanya menggambarkan sebuah teknologi statis sederhana untuk mendapatkan minyak kayu putih tetapi juga menggambarkan hubungan dalam ”sebuah keluarga”

Menurut Laweci (50) seorang penyulingan, dua tungku bersama ketel dan tempat pengeluaran minyak hasil suling, mempunyai arti sendiri yang belakangan di lupakan sebagaian besar produsen minyak kayu putih. ”Membuat minyak kayu putih ini tidak hanya menyuling tetapi mempunyai arti kehidupan. Kalau dalam rumah tangga ada bapak ibu dan anak, demikian juga dengan sepasang tungku dan tangki penyulingan tersebut. Ketika kami masih kecil proses penyulingan ini tidak bisa dilihat secara bebas” tutur Laweci. Hal itu karena proses penyulingan itu, bisa diibaratkan sebagai proses hubungan suami-istri

Hingga kita, Lwaeci dan beberapa temannya secara bergelirian mengunakan sebuah tungku dan ketel penyulingan dipinggiran kota Namlea dengan teta onal.
Hanya saja belakangan, minyak kayu putih diproduksi secara masal dengan menjalankan teknologi industri terkini. Ini pula yang menyebabkan beberapa produk minyak kayu putih mempunyai kwalitas yang berbeda.
Kendati demikian, orang buru memiliki cara sendiri menakar kadar kmurnian minyak kayu putih. Ada yang mengocok botolnya dan melihat hasil busanya, ada yang membuka dan memasang matanya tepat dimulut botol untuk mengetahui tingkat kepedasannya. Ini juga bisa dilakukan dengan melihat tingkat kepedasan dari jenis ketel penyulingan yang digunakan untuk menghasilkan minyak


Link Indonesia

Sapa Mendagri

Jumlah Pengunjung

Link Kab/Kota

Prop. Maluku

Link Berita Maluku

Admin Burukab.go.id
Azis Tomia
Faizal

Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com

Video Profil Kab. Buru

Situs Bappeda Kab. Buru

LPSE Kab. Buru