Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com
Wisata Pantai Jiku Merasa

Wisata Pantai Jiku Merasa 

Pantai Jiku Merasa yang berjarak 13 kilometer dari ibukota Kabupaten,…

[Read more]

Panen Padi Hybrida

Panen Padi Hybrida 

Panen Raya Padi Hybrida di Dataran Waeapo seluas 75 hektar…

[Read more]

Kuliner Asli Buru

Kuliner Asli Buru "Cake Roll Ubi" 

Cake Roll Ubi merupakan makanan khas Pulau Buru yang dioleh…

[Read more]

Wajik Hotong

Wajik Hotong 

Salah satu makanan tradisional khas pulau Buru adalah wajik hotong…

[Read more]

Padi Sawah

Padi Sawah 

Pulau Buru sebagai pulau Harapan seperti yang dikatakan Presiden Susilo…

[Read more]

Pantai Ubung

Pantai Ubung 

Dengan hamparan pasir putih dan laut yang indah merupakan daya…

[Read more]

Masjid Raya Al'Buruuj

Masjid Raya Al'Buruuj 

Mesjid megah kebanggaan masyarakat Kabupaten Buru, dibangun atas kerjasama antara…

[Read more]

KMP Danau Rana

KMP Danau Rana 

KMP Danau Rana melayani masyarakat Namlea ke desa Kaieli pergi…

[Read more]

1 2 3 4

KUR Untuk Petani

Modal usaha bagi kelompok usaha kecil merupakan permasalahan untuk mengembangkan usahanya, karena tidak hanya menghambat kelangsungan bisnis akan tetapi bisa mejadi penyebab gagalnya usaha yang tengah dirintis. Untuk memperoleh modal bagi petani tersebut, Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan alternatif bagi Usaha Kecil, Mikro dan Koperasi untuk mendapatkan modal usaha. Terkait dengan KUR ini pihak Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral untuk memberikan pelatihan pengembangan usaha kepada petani yang ada di dataran Waeapo berlangsung di desa Waekasar kecamatan Waeapo Kamis (12/05/11) berlangsung selama 2 (dua) hari.

Dalam upaya mendorong peningkatan produksi dan menjaga tingkat harga beras yang stabil, Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Buru dalam mendukung upaya swasembada beras, baik dari sisi teknis pertanian yang merupakan tanggung jawab dan keahlian Dinas pertanian dan Perternakan serta BI dan perbankan daerah dari sisi manajemen usaha dan keuangan. Hal ini dikatakan pimpinan Bank Indonesia (BI) Ambon yang dibacakan oleh Analis Muda Senior BI kelompok Pemberdayaan Sektor Riil dan UKM, Yacob Leunufna pada pelatihan pengembangan usaha kepada petani. Dikatakan, bantuan teknis manajemen usaha dan keuangan bertujuan untuk menjawab kebutuhan perbankan terhadap aspek administrasi usaha petani. Hal ini terkait dengan ketentuan perbankan yang mensyaratkan suatu manajemen yang baik kepada calon debiturnya.

”Dengan demikian para petani dapat mengakses kredit/pembiayaan perbankan sebagai sumber tambahan modal yang diperlukan untuk pengembangan usaha. Oleh karena itu materi-materi dalam pelatihan ini disesuaikan dengan kebutuhan petani pelaku usaha, sehingga diharapkan nantinya dapat diaplikasikan dalam kegiatan usahanya”, tandas Leunufna.

Sedangkan Bupati Buru yang diwakili Sekda Buru Ir. Juhana Soedradjat ketika membuka pelatihan ini mengatakan, Kabupaten Buru merupakan kabupaten penyangga pangan di Maluku, hal ini dibuktikan dengan datangnya bapak Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) beberapa waktu yang lalu untuk melakukan panen rayadi dataran Waeapo. ”Beliau (SBY) sangat senang mengujungi dataran Waeapo yang persawahannya sangat luas seluas 10.000 hektar namun saat ini baru 6.000 hektar yang terletak di wilayah Indonsia Timur. Kita juga merupakan produsen terbesar di Maluku untuk padi atau beras ini dan kita surflus 18.000 ton per tahun untuk di suplai ke Maluku dan ini merupakan kebanggaan serta tantangan bagi kita untuk terus meningkatkan produksi padi ini”, kata Juhana Soedradjat.

Lebih jauh dikatakan, melalui Pengetahuan Ketrampilan dan Sikap (PKS) diharapkan para petani yang ada didataran Waeapo lebih dan mampu melakukan inovasi-inovasi baru dalam pengembangan produksi pertanian itu sendiri untuk kesesahteraan petani.

Pelatihan pengembangan usaha kepada petani diikuti 100 lebih petani yang ada di kecamatan Waeapo dengan pemateri dari pihak perbankan dan perguruan tinggi dari Unpatti dan Universitas Iqra Buru atau Uniqbu.

Link Indonesia

Sapa Mendagri

Jumlah Pengunjung

Link Kab/Kota

Prop. Maluku

Link Berita Maluku

Admin Burukab.go.id
Azis Tomia
Faizal

Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com

Video Profil Kab. Buru

Situs Bappeda Kab. Buru

LPSE Kab. Buru

FB LIKE KAB. BURU