Home / Agenda / BUPATI BURU MEMBERIKAN HADIAH UMROH KEPADA PELATIH DAN KECAMATAN YANG MENDAPAT JUARA UMUM MTQ KABUPATEN BURU KE- XIII 2018

BUPATI BURU MEMBERIKAN HADIAH UMROH KEPADA PELATIH DAN KECAMATAN YANG MENDAPAT JUARA UMUM MTQ KABUPATEN BURU KE- XIII 2018

Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.Pi, MM secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Buru yang ke-XIII bertempat di Halaman Kantor Bupati Buru, rabu (08/08/18) dengan mengusung tema “Menggapai Senyum Bupolo Dengan  Nilai-Nilai Al-Qur’an”.

Turut hadir pada pembukaan tersebut, Bupati Buru, Ketua DPRD Kabupaten Buru, Kepala Kemenag Kabupaten Buru, Kapolres Buru, Dandim 1506 Namlea , Ketua Panitia LPTQ Kabupaten Buru, Sekertaris Daerah Kabupaten Buru, Para Asisten, Para Staf Ahli dan Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, Unsur Forkopimda, Camat Sekabupaten Buru, cerdik pandai, tokoh masyarakat, tokoh agama. Serta peserta MTQ dari 10 Kecamatan di Kabupaten Buru.

Pembukaan MTQ Kabupaten Buru Ke-XIII Tahun 2018, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an Surah Al-Israa dilanjutkan dengan pengibaran Bendera LPTQ dan Hymne, penyerahan  piala bergilir oleh Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.Pi, kepada Ketua Panitia LPTQ Kabupaten Buru untuk diperebutkan, terakhir ditekan tombol  sarine sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ Ke-XIII oleh Bupati Meranti didampingi Forkopinda dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Buru menyampaikan penyelenggaraan MTQ ini tidak dapat dipisahkan dari  upaya untuk menumbuhkan kecintaan umat kepada Al-Qur’an melalui kegiatan yang memadukan semua ilmu dan agama, MTQ hendaknya di jadikan sebagai satu motifasi untuk membangun Bumi Bupolo tercinta sehingga setiap orang yang datang ke Negeri ini akan tersenyum dan merasakan kedamaiyan, ketengan dan tidak bersusah hati.

Saatnya kita semua berfikir dan berinovasi kedepan tentang bagaimana menjadikan Kabupaten Buru sebagi pusat peradaban islam di Propivisi Maluku, Karena kabupaten Buru sudah seperti resep obat yang paten yaitu menjadikan masyarakatnya sebagai pemeluk agama islam yang santun dan bermoral. Isya Allah di tahun depan Kabupaten Buru akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019.

Lebih jauh dikatakannya, MTQ Kabupaten Buru Ke-XIII hendaknya mampu mencetak Qori dan Qoriah terbaik Buru yang mampu meningkatkan prestasi di ajang MTQ Tingkat Provinsi. Kepada seluruh peserta yang bertarung dalam MTQ kali ini, Bupati Buru meminta untuk mempersembahkan kemampuan terbaiknya sehingga keluar menjadi yang terbaik untuk mewakili Buru diajang yang lebih besar baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

Di penghujung sambutanya Bupati Buru menyampaikan apresiasi  dan penghargaan yang sangat besar kepada para kafila dan official pelatih sebab mereka juga tidak lepas dari bagian program Pemerintah Kabupaten Buru untuk memberikan dorongan dan sprit kepada seluruh peserta. Untuk itu Bupati Buru secara resmi menyampaikan kepada seluruh pelatih maupun kecamatan yang mendapat juara umum akan di berikan bonus hadiah melakukan ibadah umroh.

Sementara itu ketua Panitia Pelaksana MTQ Ir. Masri dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Buru ke-XIII dimulai rabu 08 Agustus sampai dengan 11 agustus 2018. Dimana para Dewan Hakim Berasal dari LPTQ  Kabupaten Buru dengan 16 orang dewan hakim, 24 orang panitia, 23 orang dewan juri dan 198 peserta dari 10 kecamatan. Sementara Cabang-cabang yang akan diperlombaan pada MTQ ini antara lain perlombaaan Cabang Tartil Qur’an, Cabang Hifiz Qur’an, Cabang Qiraat Sab’ah Mujawadz dan Tilawa , Cabang Hafiz Qur’an 1 Juz dan 5 Juz, Cabang Khatil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an dan Cabang Fahmil Qur’an. Yang terbagi pada tiga arena perlombaan antara lain Anrena satu di Halaman kantor Bupati Buru, arena dua di aula Kemenag Kabupaten Buru, dan arena Tiga di SMP Negeri 9 Namlea.

Sementara itu, sebelum pembukaan MTQ dimulai, Pemerintah Kabupaten Buru Telah menggelar  Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah dari 10 Kecamatan di Kabupaten Buru yang dilaksanakan di Desa Namlea Kecamatan Namlea pada rabu sore (08/08/18). (Rus)

Doc By-Pical,Ical Dispar

Facebook Comments

Check Also

BUPATI BURU MELANTIK 18 PEJABAT KEPALA DESA DARI EMPAT KECAMATAN

Namalea, Sabtu (18/08/18) sekitar pukul   12:05 Wit acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Para Kepala …