Home / Agenda / MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSREMBANG) RKPD KABUPATEN BURU TAHUN 2019

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSREMBANG) RKPD KABUPATEN BURU TAHUN 2019

Namlea, Sabtu (31/03/18) Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) RKPD Kabupaten Buru Tahun 2019 yang diadakan di Aula Kantor Bupati Buru mengusung tema “ Pemerataan Pembanguan Untuk Penciptaan Daya Saing Daerah Berbasis Keunggulan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia”

Dalam acara tersebut turut hadir Bapak Bupati Buru Ramly I Umasugi, S.Pi, MM, Bapak Wakil Bupati Buru Amustofa Besan, SH, Para Ketua Komisi DPRD Kabuapten Buru, Sekertaris Daerah Kabupaten Buru, Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten Buru, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Provinsi Maluku, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten serta Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Buru, Para Pimpinan Instansi Vertikal dan Seluruh Perwakilan OKP, Ormas, Organisasi Wanita, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Pelaku Usaha.

Musrembang Kabupaten merupakan tahapan dan proses Perencanaan-Perencanaan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) karena sebelumnya telah dilakukan pada tingkat Desa, Kecamatan dan sekarang pada tingkat Kabupaten. Dimana didahului dengan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dan Forum Lintas Perakat Daerah atau Pramusrmbang.

Musrembag merupakan Forum antara pemangku kepentingan dalam rangka menyusun Rencan Kerja Pembangunan Daereah Kabupaten Buru Tahun 2019. Pelaksanaan Musrembang ini bertujuan mendapatkan masukan, saran untuk menyusun RKPD Kabupaten yang sebelumnya telah membahas hasil kerja Perangkat Daerah, hasil Musrembang Kecamatan, serta hasil Reses DPRD, dan tetap memperhatikan prioritas Nasional dan Provinsi.

Dalam sambutannya, Bupati Buru berharap pelaksanaan Musrembang ini menjadi media interaktif, ajang silaturahmi bagi segenap pemengku kepentingan untuk menetapkan program prioritas dan kegiatan prioritas untuk tahun 2019. Demi mewujudkan tema Musrembang tersebut maka ditetapkan prioritas pembangunan Kabupaten Buru sebagai berikut :

  • Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
  • Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran
  • Peningkatan Infrastruktur, Pariwisata dan Iklim Investasi
  • Ketahanan Pangan, Energi dan Sumber Daya Air
  • Penataan Ruang, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kawasan Rawan Bencana
  • Peningkatan Reformasi Birokrasi, Keamanan dan Kesuksesan Pemilu

Sebelum mengakhiri sambutannya Bapak Bupati Buru menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua Stakeholder yang berperan aktif dalam proses Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten BuruTahun 2019.

Selanjutnya acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) RKPD Kabupaten Buru Tahun 2019 dimulai dan dilanjuti dengan Rapat Pleno I bersama Para Narasumber yang membawakan materinya. Di lanjuti Rapat Pleno II Pembacaan Hasil Siding Kelompok dan Pembacaan Berita Acara Musrembang RKPD Kanupaten Buru Tahun 2019.  (Rd/DP)

Facebook Comments

Check Also

PELANTIKAN PENGURUS IDI KABUPATEN BURU

Namlea, 09 Mei 2018. Bupati Buru Bapak Ramly I. Umasugi dalam acara pelantikan pengurus IDI …