Home / Berita / BUPATI BURU MENUTUP DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN II DAN III

BUPATI BURU MENUTUP DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN II DAN III

Bupati Buru Ramli Umasugi menutup Prajabatan CPNS golongan II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Buru  yang sudah berlangsung selama satu pekan. Bupati yang didampingi Sekda Kabupaten Buru,  Ahmad Assagaf beserta seluruh OPD Kabupaten Buru mengucapkan selamat atas selesainya Prajabatan untuk seluruh peserta.

Kegiatan penutupan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru,  Kamis (15/3) ditutup dengan sesi foto bersama para group peserta diklat dengan Bupati dan Sekda Kabupaten Buru. Bupati juga berharap agar seluruh ilmu yang diperoleh dari kegiatan Prajabatan itu bisa diterapkan dalam lingkup kerja masing-masing.

“Selamat atas keberhasilan seluruh peserta Diklat, karena dengan ketekunan dan disiplin yang tinggi seluruh peserta dapat menyelesaikan Diklat Prajabatan ini sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara RI,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dalam konteks pengembangan sumber daya manusia aparatur, Diklat Prajabatan hendeknya bukan sekedar formalitas untuk memenuhi persyaratan administrasi untuk dapat diangkat menjadi PNS akan tetapi Diklat Prajabatan merupakan awal bagi serangkaian perjalanan dan perkembangan karier dimasa depan.

Dalam Diklat ini telah terjadi serangkaian proses transfer pengetahuan dan sharing pengalaman demikian juga telah terjadi serangkaian interaksi yang saling mendukung dan menguatkan komitmen sebagai Aparatur Negara. “Berbekal ilmu pengetahuan yang Saudara saudari peroleh dari Pelaksanaan Diklat ini berupa disiplin dan etika dari pada Widyaiswara dan Tim lnstruktur diharapkan akan semakin meningkatkan rasa percaya diri untuk melangkah lebih jauh dalam meniti karier selaku abdi negara dan abdi masyarakat,”harapnya.

Bupati yakin metode dan strategi dalam proses belajar mengajar yang diterapkan oleh para Widyaiswara selama Diklat Prajabatan ini benar-benar dapat menghasilkan berbagai perubahan dalam tubuh birokrasi antara Iain, perubahan sikap perilaku, perubahan pola pikir dan perubahan budaya kerja, agar hasil yang dicapai dapat mempercepat Reformasi Birokrasi.

Bupati juga mengatakan, saat ini tuntutan terhadap pelayanan publik yang tepat, cepat, mudah dan wajar, menghendaki kemandirian dan profesionalisme aparatur di dalam berbagai agenda kerja yang ditetapkan oleh Pemerintah. Atas dasar itulah Bupati yakin output yang dihasilkan dari Diklat Prajabatan ini dapat meningkatkan disiplin kerja dan etos kerja yang tinggi serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas kedinasan yang diemban oleh seluruh peserta.

“Karena profesionalitas Pegawai Negeri Sipil merupakan bagian yang sangat penting dan strategis dalam pencapaian Kepemerintahan yang baik (Good Governance) dan merupakan prasyarat bagi suksesnya tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang baik dan sejahtera,”kata Bupati.

Untuk itulah, loyalitas dan dedikasi sangat dibutuhkan dan harus ditumbuh kembangkan oleh seluruh peserta secara konsisten dan berkesinambungan, karena loyalitas dan dedikasi yang dibarengi dengan peninggkatan kinerja akan memberikan ruang yang handal bagi pengembangan karier peserta dimasa datang.

Dalam kesempatan itu juga, Umasugi mengingatkan, sesuai aturan, Pegawai Negeri Sipil tidak boleh terlibat dalam segala bentuk kegiatan politik praktis maupun terlibat menjadi pengurus ataupun anggota partai politik, dimana status Pegawai Negeri Sipil merupakan sosok yang harus bersikap netral, sehingga Pegawai Negeri Sipil dapat menjalankan pengabdiannya secara professional sebagai pelayanan masyarakat dan pengemban misi perjuangan bangsa.

“Sebagai Pegawai Negeri Sipil yang taat aturan, saudara-saudara diharapkan menjadi panutan di masyarakat untuk menjaga dan mengawal keamanan dan ketentraman di daerah agar terhindar dari berbagai masalah dan tantangan yang terjadi,” kata Bupati. (humas.burukab.go.id)

Facebook Comments

Check Also

BUPATI BURU HADIR PADA PERINGATAN HARI KESATUAN GERAK TP PKK YANG KE – 46 TAHUN 2018

  Namlea, Senin ( 02/04/18) Peringatan Hari Kesatuan Gerak TP PKK Yang Ke – 46 …