Home / Berita / Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD Kab. Buru T.A 2018

Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD Kab. Buru T.A 2018

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Buru menggelar rapat paripurna penyampaian Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018. Rapat Paripurna yang berlangsung pada Gedung DPRD Kabupaten Buru, (14/12/2017) ini dipimpin langsung oleh ketua DPRD dan dihadiri oleh Bupati Buru, Sekretaris Daerah, Unsur Fokorpimda, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tokoh masyarakat serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Buru.

Ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapy, SH menyampaikan, paripurna penyampaian nota keuangan RAPBD tahun 2018 merupakan kelanjutan dari apa yang telah disepakati sebelumnya melalui tim Badan Anggaran (Banggar) tentang pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) sebagai pedoman penyusunan Raperda APBD tahun 2018.

Sementara itu, Bupati Buru, Ramly I. Umasugi menyampaikan, dalam rangka percepatan pembangunan dan pencapaian target tahun kedua periode kepemimpinan ini, maka kebijakan penyusunan RAPBD T.A 2018 diarahkan berdasarkan pertimbangan Kondisi Keuangan Daerah dengan pendanaan terhadap program dan kegiatan skala prioritas, disamping itu, optimalisasi pendapatan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi sumber PAD dan Melalui peningkatan penerimaan pembiayaan melalui Pinjaman Daerah yang hanya dilakukan dalam rangka percepatan akselerasi pembangunan dengan prioritas belanja yang sifatnya mendesak.

Dalam pidatonya, Ramly Umasugi memaparkan substansi ringkasan RAPBD T.A. 2018 diantaranya pada sisi pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp. 901,36 miliar terjadi kenaikan sebesar Rp. 118,21 Miliar atau 15,09% dari tahun sebelumnya. Pada sisi belanja, anggaran belanja daerah direncanakan sebesar Rp. 956,51 Miliar naik sebesar Rp. 171,61 Miliar atau 21,86% dari tahun sebelumnya. Sedangkan pada sisi Pembiayaan Daerah direncanakan sebesar Rp. 51,25 Miliar yang terdiri dari SILPA anggaran sebelumnya sebesar Rp. 1,25 Miliar dan penerimaan Pinjaman Daerah sebesar Rp. 50 Miliar dengan pengeluaran Pembiayaan Daerah sebesar Rp. 500 Juta. Mengakhiri pidatonya Ramly Umasugi, mengharapkan pimpinan dan anggota DPRD Kab. Buru dapat menyelesaikan pembahasan RAPBD 2018 ini dapat berjalan baik dan dirampungkan dalam waktu tidak terlalu lama,” tutupnya (Faiz)

Facebook Comments

Check Also

TRADISI BAKAR DAMAR MALAM TUJUH LIKUR

 Namlea, 11 Juni 2018 bertepatan dengan hari ke 26 puasa menjelang malam puasa hari ke …