Home / Video / Pesona Bupolo

Pesona Bupolo

Serunya Festival Pesona Bupolo – 2016

Gong pembukaan Festival Pesona Bupolo 2016 sebentar lagi bakal ditabuh. Perhelatan akbar yang digadang-gadang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buru untuk memperkenalkan adat istiadat dan budaya.Rencananya akan diselengarakan pada tgl 8 – 12 oktober 2016 di Bumi Bupolo, Provinsi Maluku.

Festival Pesona Bupolo merupakan salah satu rangkain acara tahunan yang masuk dalam agenda skala nasional di Kementrian Pariwisata RI. Banyak spot wisata bahari yang asyik di nikmati di Bumi Bupolo, festival Pesona Bupolo  sendiri merupakan salah satu acara dari serangkaian program promosi yang telah dibuat Pemda Kab.buru untuk menyiapkan Danau Rana sebagai salah satu ikon wisata masa depan Bumi Bupolo., beragam acara yang akan disungguhkan antara lain bakti sosial bersama masyarakat dilokasi kegiatan), , pelepasan 1000 anakan teteruga (penyu),  Tour to the Rana Like, Moluccas cycling the jikumerasa, disiplay photo underwater, transpalasi terumbu karang, festival papeda kuah kuning, festival layang – layang, parade tifa damang fafu, makan patita (pemecah rekor MURI), Gosepa Sail on Kaiely Bay.

Festival ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kegiatan kepariwisataan. Bumi Bupolo memiliki aneka ragam budaya. alam bawah laut luar biasa. Kita ingin membangun masyarakat Buru yang maju dan mandiri. Rangkaian perhelatan tersebut di antaranya yakni lomba dayun perahu tradisional, underwater photo contes, lomba manggurebe perahu, lomba perahu hias, serta lomba foto bawa laut.

Festival Pesona Bupolo merupakan acara tahunan pemerintah daerah Kab.Buru yang termasuk rangkain Tour to the Rana lake.. Bumi Bupolo memiliki obyek-obyek wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan seperti air terjun waeura, air terjun waprea, jikumerasa beach, waeperang beach, lamahang beach, pantai merah putih (PMP) yang berhadap langsung dengan teluk kaiely. Selain itu, ada pula wisata argo di kec.waeapo. atraksi budaya yang sudah turun menurun ditampilkan melalu tarian-tarian adat.. Kabupaten Buru, (Maluku). memiliki tujuh destinasi unggulan untuk sektor pariwisata.

  1. Danau Rana (Kec.Fena Leisela).
  2. Benteng VOC (Kec.Teluk Kaiely)
  3. Spot Jikumerasa (Kec.Lilialy)
  4. Spot Waeperang (Kec.Lilialy)
  5. Spot Waprea (Kec.Waplau)
  6. Spot Seit (Kec.Batabual)
  7. Bukit cinta (bukit tatanggo) Kec. Namlea

Selain mengeksplor kekayaan bawa lautnya, wisatawan dapat berkunjung ke desa-desa adat yang terdapat di sekitar danau rana. Kabupaten Buru yang memiliki beraneka potensi alam bahari, wisata budaya, ,maupun wisata alam pegunungan yang mempesona. Beberapa di antaranya serta tarian daerah, kerajinan dan kulinier khas Buru berupa makanan tradisional yang berbahan dasar hotong. merupakan salah satu pruduk unggulan lokal yang sudah terkenal di skala nasional.

Check Also

LOMBA TOBELO MENYAMBUT HUT RI KE 72